FASILITAS

Fasilitas sekolah merupakan salah satu faktor yang dapat menunjang keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Fasilitas sekolah yang dimaksud adalah sarana dan prasarana pendidikan yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Sedangkan menurut Undang- undang sisdiknas nomor 20 tahun 2003 pasal 45 ayat 1 dinyatakan sebagai berikut: “Setiap satuan pendidikan formal dan nonformal menyediakan sarana dan prasarana yang memenuhi keperluan pendidiakan sesuai dengan pertumbuhhan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional, dan kejiwaan peserta didik “. Dengan demikian maka sarana dan prasarana syarat mutlak yang harus ada baik sebagai kelengkapan pendidikan formal maupun non-formal yang sangat dibutuhkan bagi peserta didik untuk mengembangkan potensinya secara optimal.

Fasilitas yang ada di SMP Negeri 2 Gondangrejo di antaranya :

1. RUANG KELAS/BELAJAR

Ruang Kelas adalah suatu ruangan dalam bangunan sekolah, yang berfungsi sebagai tempat untuk kegiatan tatap muka dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Mebeler dalam ruangan ini terdiri dari meja siswa, kursi siswa, meja guru, lemari kelas, papan tulis, serta aksesoris ruangan lainnya yang sesuai. Ukuran yang umum adalah 9m x 8m. Ruang kelas memiliki syarat kelayakan dan standar tertentu, misalnya ukuran, pencahayaan alami, sirkulasi udara, dan persyaratan lainnya yang telah dibakukan oleh pihak berwenang terkait.

SMP Negeri 2 Gondangrejo memiliki 15 ruang kelas dengan kondisi relatif baik.

2. RUANG GURU

Ruang Guru adalah tempat dimana guru beristirahat dan mengerjakan tugas selain mengajar yaitu seperti menilai tugas peserta didik dan membuat bahan ajar selajutnya (silabus) dll. Keyamanan dalam ruang guru pun di perlukan agar guru atau pendidik dalam bekerja tidak merasa jenuh.

Untuk menunjang kinerja ruang guru dilengkapi dengan Full AC, TV, dan LCD Proyektor, Komputer, Printer serta pengeras suara yang digunakan sebagai rapat atau penyampaian sosialisaasi sehingga informasi akan insentif dan efesien

3. RUANG STAFF/TU

Ruang Tata Usaha (TU) adalah ruangan penyelenggaara kegiatan administrasi dan informasi pendidikan. Informasi yang tata usaha sekolah kelola penting sebagai basis pelayanan dan bahan pengambilan keputusan sekolah. Ruang Tata Usaha (TU) terletak di antara ruang kepala sekolah dan gudang. Ruang Tata Usaha (TU) memiliki luas 52 m2, memiliki beberapa peralatan dan perlengkapan pendukung seperti komputer, printer,, meja, lemari, TV, dll. Fungsi Tata Usaha (TU) meliputi membantu proses belajar mengajar, urusan kesiswaan, kepegawaian, peralatan sekolah, urusan infrasturktur sekolah, keuangan, laboratorium, perpustakaan dan hubungan masyarakat.

4. RUANG PERPUSTAKAAN

Ruang perpustakaan merupakan tempat diselenggarakannya kegiatan yang ada di perpustakaan. Ruang perpustakaan adalah salah satu factor yang berguna untuk memperlancar pelaksanaan tugas-tugas pengelolaan perpustakaan. Tanpa ada ruang perpustakaan tidak ada yang dapat menjalankan perpustakaan dengan maksimal. Ada beberapa fungsi umum dari perpustakaan sekolah yaitu, tempat para petugas melaksanakan kegiatan-kegiatan perpustakaan, tempat menyimpan koleksi perpustakaan, tempat dilaksanakannya kegiatan pelayanan yang ada di perpustakaan, dan tempat belajar secara bersama para siswa pada saat-saat tertentu

5. RUANG LAB KOMPUTER

SMP Negeri 2 Gondangrejo memiliki berbagai macam laboratorium yang digunakan sebagai penunjang dalam kegiatan belajar mengajar, salah satunya adalah laboratorium komputer. Laboratorium komputer merupakan sebuah ruangan yang disediakan sekolah untuk menunjang berbagai kegiatan pembelajaran yang membutuhkan komputer dan juga jaringan internet. Pada ruangan ini, terdapat berbagai fasilitas seperti komputer, papan tulis, proyektor, meja, kursi, dan lainnya. Kegiatan yang bisa dilakukan di laboratorium ini antara lain adalah pembelajaran dengan menggunakan komputer. Selain itu, laboratorium komputer juga dapat digunakan untuk berbagai mata pelajaran yang membutuhkan fasilitas komputer untuk menunjang agar KBM dapat terlaksana dengan baik dan juga dapat digunakan untuk melakukan ujian secara online.

6. RUANG AULA

Aula adalah salah satu ruang yang sangat penting di sebuah instansi pendidikan atau sekolah. Selain fungsi aula itu sendiri yang bisa bermacam-macam, aula selain bisa digunakan untuk ruang rapat atau ruang pertemuan juga bisa digunakan sebagai lapangan olah raga indoor, pentas seni dan lain sebagainya.

Ruang Aula yang cukup luas dan nyaman untuk dapat digunakan oleh siswa maupun staff pengajar ataupun staff lainnya.

7. MASJID

Adanya masjid di sekolah sangat besar manfaatnya bagi semua orang di lingkungan sekolah terutama para siswa. Manfaat utamanya adalah sebagai sarana ibadah. Selain itu masjid bisa bermanfaat sebagai laboratorium untuk pembinaan dan pendidikan agama untuk mengembangkan karakter siswa.

Pembiasaan siswa yang sering dilakukan setiap hari adalah siswa-siswi yang muslim wajib mengerjakan sholat dhuhur secara berjamaah.

8. LAPANGAN OLAHRAGA

SMP Negeri 2 Gondangrejo memiliki fasilitas lapangan olahraga yang terletak ditengah sekolah,Selain sebagai sarana olahraga, lapangan olahraga memiliki fungsi sebagai tempat berbagai macam kegiatan olahrag. Misalnya lapangan futsal, basket, tenis dan bola Volly.

Lapangan olahraga ini juga digunakan sebagai tempat upacara bendera yang dilaksanakan setiap hari senin tempat ekstra kurikuler baik itu kepramukaan, PORSENI, senam pagi, dll.

Lapangan olahraga ini juga membuat para siswa bisa leluasa bergerak, bermain dan melakukan segala aktifitas-aktifitasnya dengan secara tidak langsung membuat mereka bertambah sehat dan ceria.Tersedianya sarana olahraga menjadi sangat penting untuk penyaluran bakat siswa. Selain itu olahraga yang dilakukan secara rutin akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga siswa tidak mudah terserang penyakit.

9. RUANG LABORATORIUM IPA

Laboratorium sangat dibutuhkan sebagai sarana meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa khususnya dalam pelajaran IPA. Laboratorium berfunsi sebagai tempat latihan siswa dalam memahami konsep yang sudah diajarkan oleh guru di dalam kelas sekaligus membuktikan teori-teori ilmiah yang diperolehnya dalam pembelajaran.

Laboratorium IPA merupakan tempat siswa dan guru belajar menemukan dan memecahkan masalah IPA. Di Lab, siswa dan guru melakukan penyelidikan dengan pengamatan-pengamatan objekobjek alam (gejala-gejala alam) dan atau percobaan-percobaan. Bentuk Laboratorium bisa berupa ruang tertutup (dirancang) maupun ruang terbuka (Lingkungan sekitar ; bentang alam).